Revitalisasi Perlindungan Pekerja, Nurhayati Effendi Gencarkan Sosialisasi BPJAMSOSTEK

Dec 11, 2023 - 20:40
Dec 11, 2023 - 20:43
Revitalisasi Perlindungan Pekerja, Nurhayati Effendi Gencarkan Sosialisasi BPJAMSOSTEK

INILAHTASIK.COM | Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhayati Effendi, melaksanakan aksi sosialisasi soal BPJAMSOSTEK di Gedung Puspita Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, pada Senin, 11 Desember 2023. 

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak, yakni Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Agus Wahyudin, dan Kepala BPJS Kesehatan.

Nurhayati Effendi, seorang politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menekankan bahwa sektor ketenagakerjaan memegang peran penting sebagai salah satu pilar utama dalam struktur ekonomi. 

Oleh karena itu, menurutnya, perlindungan sosial harus diberikan kepada para pekerja, baik yang bekerja secara formal maupun informal.

BACA JUGA: Nurhayati Edukasi Pekerja Migran Indonesia, Hentikan Jalur Ilegal

Lebih lanjut, Nurhayati menyebutkan bahwa BPJAMSOSTEK memiliki peran yang sangat signifikan dalam memberikan dukungan, bukan hanya kepada sektor usaha formal, tetapi juga kepada sektor usaha informal. Ia menjelaskan bahwa BPJAMSOSTEK hadir sebagai wujud nyata dari dukungan tersebut.

Politisi tersebut menambahkan bahwa dasar hukum BPJAMSOSTEK tercantum dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2004, yang membahas tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Tujuan SJSN sendiri adalah memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan anggota keluarganya.

"Komisi IX DPR RI secara penuh mendukung pemerintah dengan mendorong percepatan dan peningkatan kepesertaan jaminan sosial bagi pekerja, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," tambahnya.

Oleh karena itu, Nurhayati mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat BPJAMSOSTEK. 

Ia menekankan bahwa program ini tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga berbagai bentuk dukungan, seperti santunan, beasiswa, dan lain sebagainya.

“Kehadiran BPJAMSOSTEK memberikan perlindungan sosial bagi seluruh pekerja Indonesia, tanpa memandang sektor atau status pekerjaan," ujarnya. 

Mengapa harus menjadi peserta BPJAMSOSTEK? Menurutnya, BPJAMSOSTEK dapat memberikan perlindungan kepada para pekerja dan keluarga mereka dari risiko kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, penyakit, dan kematian yang terkait dengan pekerjaan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow