Pacu Semangat Kader, Puskesmas Sambongpari Adakan Posyandu Award

Dalam rangka menggiatkan kembali posyandu yang dalam beberapa tahun terakhir sedikit menurun akibat pandemi Covid-19.

Pacu Semangat Kader, Puskesmas Sambongpari Adakan Posyandu Award

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Setelah sempat meredup akibat pandemi Covid-19, guna meningkatkan kembali semangat para kader, Puskesmas Sambongpari mengadakan Posyandu Award, yang digelar di Posyandu Permata Bunda Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi, Rabu 03 Agustus 2022.

Kepala Puskesmas Sambongpari, Hj. Ika Susilawati, Am.Keb, S.KM menuturkan, pihaknya bersama dengan kader Pandangimaresti dalam rangka menggiatkan kembali posyandu yang dalam beberapa tahun terakhir sedikit menurun akibat pandemi Covid-19.

"Kita ingin membangkitkan kembali semangat para kader, semangat sasaran dari masyarakat, agar kita dapat mencapai target yang sudah ditetapkan, seperti sebelum adanya Covid," ungkapnya.

Ika menambahkan, selain itu, kita ingin meningkatkan kelembagaan posyandu, agar posyandu nya optimal kembali. Kemudian terkait dengan pelaksanaan program, termasuk lima program kesehatan, dan lainnya.

Ia berharap dukungan dari semua pihak untuk sama-sama mensuskeskan ragam program yang sempat alami penurunan akibat pandemi. Apalagi bulan ini bertepatan dengan Bulan Imunisasi Nasional (BIAN), Bias, PBB, dan pemberian vitamin A, supaya bisa mencapai target 100 persen.

Di lokasi yang sama, Camat Mangkubumi, Slamet mengatakan, sasaran BIAN di wilayahnya terbagi di dua puskesmas, yakni Puskesmas Mangkubumi dan Sambongpari.

"Untuk di Puskesmas Mangkubumi target sasarannya ada 3.144, sedangkan di Puskesmas Sambongpari sebanyak 3.030, jadi total sasaran 6.174," jelasnya.

Untuk meningkatkan target capaian BIAN, pihaknya mengadakan sosialisasi kepada masyarakat melalui surat edaran yang disampaikan kepada RT/RW, bagi warga yang meliki anak usia 9 sampai 59 bulan, supaya membawa anaknya ke posyandu untuk di imunisasi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang memiliki anak usia 9 sampai 59 bulan, untuk dilakukan imunisasi, karena imunisasi ini sangat penting untuk kesehatan anak. Ada penyakit yang bisa di cegah melalui imunisas. Jadi ini sangat penting dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," imbau Slamet.

Baca juga : Wali Kota Yusuf Ajak Semua Pihak Sukseskan BIAN