Misteri Makam Keramat Jafar Sidik Kawali

Misteri Makam Keramat Jafar Sidik Kawali

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Sebagian besar masyarakat Kawali tentu tidak asing jika mendengar nama Jafar Sidik. Tentu saja, nama tersebut digunakan sebagai jalan yang membentang dari Alun-alun Kawali menuju Dusun Banjarwaru. Tepatnya di Kawali kidul, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. 

Nama jalan Jafar Sidik bukanlah hanya sekedar pemberian nama belaka. Namun, terdapat makam penyebar agama Islam disisi jalan tersebut, yakni sekitar 30 meter sebelum Sasak Sundawa yang mengarah ke Desa Banjarwaru dari Alun alun Kawali.

Sesepuh sekaligus pengurus makam, Pak Yoyo mengisahkan tentang perjalanan Jafar Sidik. 

"Jafar Sidik saat itu kembali dari Mekah setelah menunaikan ibdah haji, singgah di Kawali Kidul, kemdian menentap dan mendirikan madrasah untuk pengajian menyebarluaskan agama islam," tutur Yoyo.

Lanjut Yoyo, sebelumnya daerah ini adalah daerah rawan maksiat, seperti banyak yang berjudi.

"Tadinya daerah ini rawan maksiat, banyak yang berjudi dan lain-lain, hingga saat Jafar Sidik datang semuanya di tumpas oleh beliau yang akhirnya bertobat dan mengikuti ajaran Jafar Sidik," ungkap Yoyo yang asli penduduk setempat yang lahir dan besar di daerah itu, bahkan sekarang lokasi Makan Jafar Sidik berada di lokasi tanah miliknya.

Tidak jauh dari makam Jafar Sidik terdapat mata air Kahuripan lokasinya oleh masyarakat setempat disebut Cimurdani sampai sekarang mata air itu masih ada.

Batu nisan Makan Jafar Sidik terbuat dari batu alam asli, tapi sudah berbentuk segi empat dengan ketebalan 2 setimeter dan kedua batu nisan tersebut bentuknya sama. Namun sepertik makam keramat pada umumnya, tidak ada keterangan apapun pada batu nisan itu.

Dahulu pernah ada seseorang yang datang ke Kawali Kidul, mencari Orang yang namanya Jafar Sidik.

"Dulu ada orang yang mencari Jafar Sidik, katanya saat di Mekah menunaikan haji dia bertemu dengan Jafar Sidik dan mempersilahkanya mampir ke Kawali Kidul. Tapi saat ditanyakan ke penduduk setempat ternyata alamat yang dimaksud adalah makam Jafar Sidik," tutur Yoyo.

Yoyo menjelaskan, dahulu lokasi Makam sangat angker. "dulu makam Jafar Sidik sangat angker, ditambah lagi pepohonan sekitar makam tidak bisa di tebang. Namun, setelah beberapa kiyai melakukan tirakat, barulah pohon itu bisa ditebang," tandas Yoyo. 

Nama Jafar Sidik, mungkinkah sama dengan Jafar Shadiq sunan Kudus? 

Ketika dalam perjalanan dalam memenuhi undangan Syeh Abdul Muhyi, Konon Wali songo suka mengadakan pertemuan di tempat Syeh Abdul Muhyi, Pamijahan Tasikmalaya, Jawa Barat. 

kalau memang benar, kemungkinan Jafar Sidik yang di Kawali Kidul adalah Sunan Kudus? Wallahu alam. sebab tak ada keturunan Jafar Sidik di Kawali Kidul dan tidak ada seorangpun yang mengetahui sejarahnya. hingga saat berita ini diturunkan, makam keramat Jafar Sidik masih menjadi misteri yang belum terungkap sepenuhnya .**

Baca juga: RELIGI Misteri Eyang Dalem Dungkut, Makam Keramat di Tepi Sungai Cimuntur