WCD, Dari Kawali untuk Planet Bumi Bersih dan Sehat

Sejumlah warga Kawali yang diprakarsai oleh ibu Ria Siti Mariah S.Pd. melaksanakan bersih-bersih dan workshop tentang pegelolaan sampah dan bank sampah

WCD, Dari Kawali untuk Planet Bumi Bersih dan Sehat

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Memperingati hari bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) yang jatuh pada tanggal 18 September 2021. Sejumlah warga Kawali yang diprakarsai oleh ibu Ria Siti Mariah S.Pd. melaksanakan bersih-bersih dan workshop tentang pegelolaan sampah dan bank sampah.

Ria Siti Mariah S.Pd. mengatakan, kegiatan ini sudah ia jalankan sekitar 3 tahun, ia melakukan sosialisasi melalui media sosial.

"Sosialisasi sampah yg bisa saya lakukan yaitu lewat posting status, FB dan Instagram. Ternyata info dari status sangat mengena sekali. Alhasil ada beberapa yg ingin menyedekahkan sampahnya ke bank sampah di pertengahan 2021," ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh relawan WCD Indonesia agar tetap menerapkan prokes selama kegiatan bersih-bersih.

"Mengingat kondisi pandemi COVID-19 belum mereda di Indonesia, kami menghimbau seluruh relawan WCD Indonesia yang berada di zona beresiko tinggi untuk melakukan clean up/decluttering dan pilah sampah dari Rumah," Ujar Ria.

Ria juga menyampaikan bahwa hingga saat ini jumlah bank sampah di Kecamatan Kawali sudah cukup banyak tersebar di beberapa wilayah dan sudah ber MOU dg Bank Sampah Ciamis.

"Bank sampah hingga saat ini sudah tersebar dibeberapa wilayah, diantarnya Rumah Singgah Sampah (Perum Kawalimukti), JayaGiri (talagasari), Jagat (Kawali), Ar-Rohmah (winduraja), Barokah Sejahtera Bersama (Kawalimukti) dan DTA Al-Mubarokah (sindangraja Citeureup). Juga ada yang perorangan yaitu di kediaman Ibu Tita Kilayugung dan Pak Edi Kilayugung," jelasnya.

Dia bersyukur, Bank Sampah Rumah Sedekah Sampah Perum GPA (RSS) bisa membantu dan berbagi bersama.

"Alhamdulillah hasil tabungan selama Bank Sampah Rumah Sedekah Sampah Perum GPA (RSS) ditambah donatur 2,5 JT bisa berbagi untuk anak yatim, jompo 75 orang, pada bulan Muharam kemarin, Ujar Ria yang juga guru Mts 11 Ciamis dengan bangga.

Ria menceritakan, dirinya pernah mendapatkan cintera mata dari dinas terkait berkat pengelolaan bank sampah yang yang dirintisnya terserbut.

"Ketika acara launching Bank Sampah BSB yang lalu, yang dihadiri langsung oleh Ibu Kadis DPRKPLH, Ibu Kabid  Pertamanan, persampahan dan pemakaman  DPRKPLH, Pak Kasi beserta ibu Kasi Persampahan DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Camat Kawali, dan lain-lain. Saya dapat pemberian cendera mata dari mereka, ini bukti penghargaan bagi saya dan Kecamatan Kawali," ungkap Ria. 

Kegiatan WCD di Ciamis, lanjut Ria, akan dilakukan secara serentak pada 18 September 2021. Kegiatan tersebut terbagi menjadi 2 katagori.

"Kategori A yaitu kegiatan bersih bersih Lembur yang dimulai dari Dusun Bungbulang RT 09/RW 04 Desa Talagasari, lalu ke Desa Sindangsari dan Desa Selasari. Kemudian kategori B yaitu di Astana Gede akan diadakan serentak sosialisasi Pilah sampah utusan perdesa," ujarnya.

Ia berharap, World Cleanup Day menjadi momentum sinergi komunitas dengan instansi Pemerintah Daerah terkait, pemangku kebijakan, komunitas peduli lingkungan dan lapisan masyarakat. 

"Seluruh pihak menjadi satu kesatuan untuk meningkatkan kesadaran dalam mengelola sampah dengan lebih bijaksana. Untuk kejar mimpi planet bumi bersih dan sehat," pungkas Ria.

Baca juga: Kisah Singkat Ci Kawali Ciamis