Sosok Perempuan Pejuang Para Pelaku UMKM di Ciamis

Selaku Kabid Industri, H. Enok sering memberikan bimbingan ke para pelaku UMKM dan menjadi narasumber disetiap acara di daerah binaanya.

Sosok Perempuan Pejuang Para Pelaku UMKM di Ciamis

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Sosoknya ke ibuan dan ramah kepada siapa saja, membuat Ia cepat akrab pada setiap orang yang ditemuinya. Dia juga merupakan sosok pemimpim yang mau turun ke lapangan dan namanya sudah tidak asing lagi bagi para pelaku UMKM khusunya di Kabupaten Ciamis.

Ia biasa di panggil H. Enok, nama lengkapnya adalah Hj. Enok Kursilah, S. Sos, M. Si yang kini sedang Jabatan sebagai Kepala Bidang Industri di Dinas Koprasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis.

Selaku Kabid Industri, H. Enok sering memberikan bimbingan ke para pelaku UMKM dan menjadi narasumber disetiap acara di daerah binaanya.
 
Gebrakannya yang terbaru adalah dengan membagikan kemasan yang telah di design menarik kepada 50 pelaku UMKM pada tanggal 26 0ktober 2021 lalu.

Masing masing UMKM mendapatkan 500 pcs lebel cantik siap kemas dan produksi agar tampilan produk lebih elegan lagi.

Setelahnya H. Enok pun di berondong ucapan terima kasih dari group UMKM Ciamis. Bahkan Himpunan Wirausaha Surawisesa Kawali (HWSK) dan DENNA CAKE, ikut memberikan ucapan terima kasih berupa kue yang ditata dengan indah.

Salah satu pelaku UMKM HWSK Rizal mengatakan, bimbingan yang diberikan oleh H. Enok sangat berguna sekali untuknya.

"Saya diberikan design kemasan baru, sekarang kemasan produk terlihat lebih menarik dan saya lebih percaya diri untuk memasarkannya." ucap Rizal.

H. Enok mengawali karier pada tahun 1997 - 2002 sebagai staf di Bagian Organisasi Setda Kab Ciamis. Kemudian ia menjadi Kasubag Kepegawaian pada Bagian Umum Setda Kab Ciamis tahun 2002-2004.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Cihaurbeuti tahun 2004-2006, Kasubag Analisis Formasi Jabatan pada Bagian Organisasi Setda Kab Ciamis, Kasubag Monitoring Evaluasi Pembangunan pada Bagian Pembangunan Setda Kab Ciamis tahun 2006-2013, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Ciamis Januari 2013-Agustus 2013, Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Cihaurbeuti tahun 2013-2016 dan sekarang menjabat Kabid Industri pada Dinas Koperindag yang sekarang DKUKMP sejak tahun 2016.

H.Enok yang tinggal di Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, pernah sekolah di SMA Negeri Panumbangan yang sekarang namanya SMAN Cihaurbeuti lulusan tahun 1989. 

Kemudian melanjutkan Kuliah S1 di STIA YPPT Tasikmalaya masuk tahun 1991 dan lulus tahun 1995 Jurusan Administrasi Negara. 

Selain itu Ia juga melanjutkan Kuliah S2 di STIA YPPT Tasikmalaya dan lulus tahun 2016 masih di jurusan Administrasi Negara. 

"abdi memang, sejak dulu seneng berbaur dengan masyarakat khususna pelaku usaha, abdi ge kantos tugas di kecamatan, janten uninga sapertos kumaha di daerah, niat abdi mung hiji ngabantos masyarakat ku sekemampuan abdi lilahita'ala, saleresna pa kadis yang memberi andil besar, abdi mah hanya sebagai tim teknis ke lapangan langsung mana yang harus diberikan bantuan demi kemajuan UMKM ciamis, abdi seneng bila ada UMKM yang mau maju pantang mundur selalu berusaha dalam keadaan apapun," pungkasnya dalam bahasa sunda.

Baca juga: Sinergi HWSK dan Toko Setia Luncurkan Aplikasi Bisnis Online