Peringati Harganas ke-29, PSA Digelar Serentak Se-Kabupaten Tasikmalaya

Pada kegiatan PSA di Kabupaten Tasikmalaya, khusunya di UPTD Puskesmas Mengunreja, Wakil Bupati Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin memontioring kegiatan tersebut.

Peringati Harganas ke-29, PSA Digelar Serentak Se-Kabupaten Tasikmalaya

KAB.TASIK, INILATHASIK.COM | Dalam rangka pemperingati hari keluarga nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022, digelar kegiatan pelayanan sejuta akseptor (PSA) serentak Se-Provinsi Jawa Barat, salah satunya di Kabupaten Tasikmalaya yang juga dilakukan serentak di seluruh kecamatan  pada rabu 15 juni 2022.

Kegiatan PSA ini terselenggara atas sinergitas Dinas Sosial melalui Bidang Dalduk KB dan Dinas Kesehatan melalui UPTD puskesmasnya dengan target 7.745 akseptor untuk Kabupaten Tasikmalaya

Pada kegiatan PSA di Kabupaten Tasikmalaya, khusunya di UPTD Puskesmas Mengunreja, Wakil Bupati Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin memonitoring kegiatan tersebut.

Wakil Bupati dalam monitoringnya didampingi Kepala Dinas Sosial, Kabid Dalduk KB, Sekdis Kesehatan, Camat Mangunreja dan Kapus Mangunreja.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Cecep menyapa warga Mangunreja yang sedang mengikuti program PSA dan menyampaikan beberapa pesan kepada warga terkait program PSA.

Wabup Cecep juga meninjau beberapa sarana dan prasarana di UPTD Puskesmas Mangunreja, termasuk ruangan pelayanan akseptor dan aula puskesmas.

Di Aula Puskesmas Wabup Cecep di minta untuk memberikan arahan serta motivasi kepada jajaran UPTD Puskesmas Mangunreja.

Wakil Bupati Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin menyampaikan terimakasih kepada insan kesehatan yang sedang melaksanakan program PSA serentak.

“Terimakasih saya ucapkan kepada insan kesehatan, ini merupakan ikhitiar wajib kita, dengan harapan pertumbuhan penduduk terkendali dan kualitas masyarakakat Jabar khusunya Kabupaten Tasikmalaya semakin baik,” ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Dadan Wardana berharap bahwa program ini bisa berjalan lancar, dan jumlah penduduk Kabupaten Tasikmalaya yang mencapai 1.8 juta lebih ini pertumbuhannya bisa dikendalikan.

“Dalam rangka Pelayanan Sejuta Akseptor, kami mengharapkan partisipasi masyarakat  Kabupaten Tasikmalaya, tentu keluarga adalah yang pertama, dengan jumlah penduduk 1.8 juta lebih ini semoga PSA bisa mengendalikannya.

Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Iman berharap masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dapat mengikuti dan menjadi akseptor KB sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Sesuai yang anjuran pemerintah yaitu pelayanan IUDI dan Implan, harapan dinas kesehatan adalah semua masyarakat bisa mengikuti PSA ini, yaitu untuk pengendalian jumlah penduduk, menjaga jarak kelahiran sehingga akan tercipta kesehatan dan kualitas keluarga yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mangunreja Mamat menyampaikan, target akseptor di hari ini adalah 37 orang dengan rincian akseptor ayudi 16 orang dan implan 16 orang dan lainnya 5 orang.

Salah satu Akseptor Sari Rahayu mengatakan, pada kegiatan ini dirinya menggunakan KB implan dan berharap ini bisa mengendalikan kelahirannya.

“Alhamdullilah saya sebagai akseptor sudah dilayani oleh puskesmas dengan pasang KB implan, semoga ini bisa menjaga jarak kelahiran saya,” ucapnya.

Baca juga: Orientasi TPK, Tekan Kasus Stunting di Kab. Tasikmalaya