Perempuan Wajib Tahu, Inilah Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Perempuan Wajib Tahu, Inilah Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | UPTD Puskesmas Mangkubumi menggelar gebyar pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di Puskesmas Pembantu Kelurahan Karikil Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Kamis 09 Juni 2022.

Tim IVA Test Puskesmas Mangkubumi, Bidan Pipih Sopiah Am.Keb menjelaskan, Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

"IVA Test ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Puskesmas Mangkubumi, kebetulan untuk saat ini lokasinya di Kelurahan Karikil. Kegiatan ini dilaksanakan karena di wilayah kerja Puskesmas Mangkubumi terdapat beberapa orang yang positif terkena kanker serviks," ungkapnya.

Ia menyebut, kanker serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi dini, peluang kesembuhan kanker serviks cukup besar, salah satunya dengan melakukan IVA Test.

Pipih menambahkan, IVA Test ini untuk semua perempuan yang sudah menikah dan pernah menikah dengan prioritas usia 30 hingga 50 tahun. Selain deteksi dini, upaya lainnya adalah dengan mengedukasi berkenaan personal hygine, gaya hidup sehat, diantaranya hindari gonti-ganti pasangan, tidak merokok, dan alkohol.

"Syarat mengikuti pemeriksaan IVA test ini yaitu tidak sedang hamil, tidak sedang menstruasi, tidak melakukan hubungan badan selama 24 jam sebelum pemeriksaan dan tidak sedang menggunakan obat vagina," jelas Pipih.

Seorang peserta IVA Test, Susi Susilawati mengaku menyambut gembira kegiatan yang dilaksanakan tim dari Puskesmas Mangkubumi.

"Dengan adanya kegiatan ini kami para wanita bisa mengetahui dan mendeteksi sejak dini kanker serviks. Kami juga akan mensosialisasikan kembali IVA Test ini kepada masyarakat. Kegiatan ini sangat penting bagi kaum wanita," ucapnya.