Peduli Pendidikan, Kades Mandalamekar Dirikan Universitas Emper Masigit

Peduli Pendidikan, Kades Mandalamekar Dirikan Universitas Emper Masigit

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Disela-sela kesibukannya sebagai seorang Kepala Desa di Kabupaten Tasikmalaya, sosok Alfie Ahmad Hariri sudah banyak dikenal luas oleh warga Tasikmalaya khususnya di bidang sosial, terutama pendidikan.

Alfie sudah sejak lama konsen di bidang pendidikan dan sosial bersama para relawan untuk mencerdaskan warga yang putus sekolah dimana warga tersebut kurang beruntung pada saat usia belajaranya itu tidak sampai menamatkan beberapa jenjang pendidikan terutama SMP dan SMA.

Sebagai Kepala Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, ia sangat lekat kepeduliannya pada dunia pendidikan dengan langsung membuka kelas baru di desanya dan mengajar di sela kesibukannya sebagai pemimpin di Desa Mandalamekar.

“Saat ini sudah ada 85 lebih siswa dari tiga desa yang ada di Kecamatan Jatiwaras yaitu desa Mandalamekar, Mandalahurip dan Kersagalih,” terangnya, Senin 11 Oktober 2021.

Dengan ‘Nebeng’ di Sekolah Dasar Cinunjang dalam melaksanakan kegiatan mengajarnya, Alfie berharap terjadinya percepatan pemerataan pengetahuan di Desa Mandalamekar dan sekitarnya. Sekolah gratis tersebut diberi nama Universitas Emper Masigit.

“Jadi di manapun lokasi kita bisa mengajar, tapi untuk menghemat energi kita fokuskan di SDN Cinunjang Desa Mandalamekar dan kita sudah ijin kepada kepala sekolah untuk memakai ruangan dalam satu minggu dua kali,” sebutnya.

Sementara itu salah satu muridnya, Dedi (47) mengatakan, sudah sekitar satu tahun mengikuti sekolah Universitas Masigit. Hal itu dilakukan karena menurutnya pendidikan sangat penting ditambah sekolahnya gratis.

“Jadi meskipun usia sudah 47 tahun, menuntut ilmu itu hukumnya wajib, jadi saya tidak perlu malu,” tandasnya.