Pangdam III/Siliwangi Tinjau Gebyar Vaksinasi di Pantai Sindangkerta

Selain meninjau gebyar vaksinasi di Pantai SIndangkerta, Pangdam III/Siliwangi juga menyerahkan bantuan sosial dan bantuan paket sembako sebanyak 500 paket untuk masyarakat lainnya di sekitar Cipatujah.

Pangdam III/Siliwangi Tinjau Gebyar Vaksinasi di Pantai Sindangkerta
Pangdam III/Siliwangi saat meninjau ke Lokasi Gebyar Vaksinasi di Pantai Sindangkerta

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto S.E, M.Si didampingi Dandim 0612/ Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno S.IP meninjau lokasi gebyar vaksin di Pantai Sindangkerta, Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Senin 13 September 2021. Pangdam mengajak masyarakat agar bersemangat menjalani vaksinasi Covid-19.

Dalam giat tersebut, total peserta yang akan mengikuti vaksinasi berjumlah 1.200 orang dengan jumlah dosis vaksin yang disiapkan sebanyak 600 vial. Dosis vaksin yang digunakan pada gebyar vaksin pertama ini jenis Sinovac. Selain untuk mencegah resiko gejala buruk tertular virus corona, masyarakat juga bisa berwisata dengan tenang.

"Masyarakat (wisatawan) yang datang akan lebih nyaman. Selain itu, masyarakat yang datang juga akan kita cek kesehatannya dan pembatasan 50 persen yang masuk," kata Pangdam III Siliwangi di Pantai Sindangkerta.

Pantai Sindangkerta sendiri merupakan destinasi wisata favorit yang ada di Jabar. Selama pandemi, objek wisata ini merupakan salah satu yang terdampak pandemi. Padahal masyarakatnya mengandalkan pariwisata sebagai penghasilan.

"Untuk itu, kita vaksin masyarakat di sini (Sindangkerta Cipatujah) supaya apabila sudah masuk ke level 2  wisatawan yang masuk ke sini (Objek Wisata Cipatujah) dalam keadaan lancar," kata Pangdam.

Selain melakukan vaksinasi di Pantai Sindangkerta, Pangdam juga melakukan door to door terhadap masyarakat yang berada di wilayah daerah wisata.

"Kita melakukan door to door melalui Babinsa yang ada. Bahkan, DKM-DKM masjid kita kolaborasi bersama Babinsa dan Dinas Kesehatan untuk door to door ke rumah-rumah," ucapnya.

Ia juga menyebut bahwa sebelumnya sudah melakukan vaksinasi mulai dari Tasikmalaya, Ciamis, Banjar hingga Pangandaran.

"Dan ada beberapa wilayah yang memang vaksinasi Covid-19 sudah 50 persen ke atas seperti di Kota Tasikmalaya. Selain gebyar vaksinasi, kami juga menyerahkan bantuan sosial dan bantuan paket sembako sebanyak 500 paket untuk masyarakat lainnya di sekitar Cipatujah yang perlu dibantu,” terang Agus.

Dikatakannya bahwa kesadaran masyarakat di Cipatujah dalam kegiatan vaksin sangat antusias. Vaksinasi ini direspons baik sehingga masyarakat dari desa ke desa berdatangan ke lokasi untuk melaksanakan vaksin di wilayah Cipatujah pada kegiatan gebyar vaksinasi ini dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat agar masyarakat yang akan divaksin merasa sangat nyaman.