Omzet Puluhan Juta, Petani Milenial Kota Tasik Sukses Bertani Melon

Sang petani menerapkan ilmunya yang diraih saat megang di Jepang.

Omzet Puluhan Juta, Petani Milenial Kota Tasik Sukses Bertani Melon

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Dadan Ridwan, seorang Petani muda asal Kota Tasikmalaya telah sukses menjadi Petani Melon.

Lahan Green House yang disewanya ditanami bibit Melon unggulan yang memiki kualitas super manis. Kini 3.000 batang dari 4 buah jenis Melon diantaranya Golden Melon, Adinda, Sirani, Sekata, siap dipanen.

Dadan pernah magang selama 2 tahun di Jepang, dan saat ini menerapkan ilmunya dengan bertani Melon di Kota Tasikmalaya. Hingga sekarang sudah panen 3 kali dengan omzet mencapai puluhan juta rupiah setiap sekali panen.

“Untuk karakter tanah di Indonesia sebenarnya lebih bagus ketimbang di Jepang, namun karena kurangnya pemahaman ilmu dan teori dalam bercocok tanam Melon maka banyak petani yang gagal,” jelasnya, Kamis 20 Januari 2022.

"Saya bertani Melon mencoba menggunakan teknik di Jepang, alhamdulilah hasilnya sangat memuaskan dengan cara pemeliharaan dan pemupukan yang teratur," paparnya.

Ia menyebut, dari setiap panen langsung dibandrol Rp 25 ribu untuk yang beratnya 1-2 Kg. Setiap panen petik sambil memberikan edukasi kepada pembeli. Panen kali ini, katanya, di lahan Green House sebanyak 3.000 pohon Melon siap panen.

Blade, salah satu pembeli yang datang langsung mengaku sengaja datang bersama keluarga untuk membeli Melon yang bisa memetik langsung di kebunnya.

“Ternyata memang benar, setelah dikupas dan dimakan, selain rasanya manis, Melon ini juga sangat beda dengan Melon yang lainnya,” tandasnya.