Nurhayati Effendi Siap Dorong UMKM Raih Izin BPOM

Dec 2, 2023 - 15:45
Dec 2, 2023 - 15:46
Nurhayati Effendi Siap Dorong UMKM Raih Izin BPOM


GARUT - Dalam era digital seperti sekarang, belanja online telah menjadi tren yang tak terhindarkan. Namun, kesenangan dari kemudahan ini perlu diimbangi dengan kebijaksanaan konsumen dalam memilih produk, terutama makanan dan kosmetik. 

Maka dari itu, penting untuk selalu memastikan bahwa produk yang dibeli telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Demikian disampaikan, Nurhayati Effendi, anggota Komisi IX DPR-RI, dalam acara kegiatan Sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan yang diikuti lebih dari 350 orang di Gedung Pertemuan Kepala Desa Bungbulang, Garut, Jawa Barat pada Sabtu, 02 Desember 2023. 

Dalam konteks ini, politisi berlatar belakang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menekankan perlunya kewaspadaan masyarakat dalam memilih produk, baik makanan maupun kosmetik. 

Nurhayati menyoroti pentingnya memastikan bahwa setiap produk yang akan dibeli telah memperoleh izin edar resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Terutama saat berbelanja online, masyarakat perlu meningkatkan tingkat kewaspadaan. Selalu periksa kemasan produk, pastikan izin BPOM-nya tersedia. Karena izin BPOM memiliki peran yang sangat krusial," ungkapnya.

Nurhayati juga menambahkan bahwa izin BPOM bukan sekadar formalitas, melainkan menjadi pedoman utama bagi masyarakat Indonesia dalam memilih produk, khususnya dalam kategori kosmetik dan makanan. 
Keberadaan izin BPOM, menurutnya, menjamin bahwa produk tersebut telah melewati standar keamanan dan dapat dikonsumsi atau digunakan tanpa risiko berbahaya.

"Dengan adanya izin BPOM, produk tersebut telah teruji dan terjamin keamanannya. Ini sangat penting, terutama dalam menghadapi beragam produk di pasaran. Masyarakat perlu mengambil langkah bijak untuk melindungi diri mereka sendiri," tambah Nurhayati.

Lebih lanjut, Nurhayati menekankan perannya sebagai anggota DPR dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terutama di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya serta Kabupaten Garut, Nurhayati berjanji untuk terus memberikan dukungan dan pendampingan khusus, terutama dalam proses perizinan BPOM.

"Saya, sebagai anggota DPR, berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM dengan memberikan pendampingan khusus, terutama dalam hal perizinan BPOM. Saat ini, sudah banyak produk UMKM berkualitas tinggi yang layak diperhitungkan. Ini adalah langkah penting dalam mendukung perekonomian lokal," tegasnya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow