MAPALA-SAGARA Gelar Gowes Sambil Pungut Sampah

Ema-ema Bapa-bapa Pecinta Alam Wilayah UPTD Puskesmas Kersanagara. Melaksanakan kegiatan Gowes bersama, sambil memungut sampah di jalanan.

MAPALA-SAGARA Gelar Gowes Sambil Pungut Sampah
MAPALA-SAGARA Gelar Gowes Sambil Pungut Sampah

KOTA TASIK, INILAHTASIK | MAPALA-SAGARA atau Ema-ema Bapa-bapa Pecinta Alam Wilayah UPTD Puskesmas Kersanagara. Melaksanakan kegiatan Gowes bersama, sambil memungut sampah di jalanan, pada Jumat 24 September 2021.

Kegiatan bersepeda sambil bersih-bersih itu itu dalam rangka memeriahkan World CleanUp Day (WCD) yang digelar diseluruh dunia.

Turut hadir Camat Cibeureum dan Kepala Puskesmas Kersanagara serta para lurah dari 4 kelurahan yakni Kelurahan Setiaratu, Kelurahan Setianagara, Kelurahan Setiajaya, Kelurahan Kersanagara dan LPM serta RT/RW.

Gowes dimulai dari Kantor Kelurahan Kersanagara menuju wilayah RW 07 Kersanagara, dalam perjalan gowes para peserta berhenti jika mendapati sampah yang berserakan di jalan, memasukanya ke dalam kantong kresek yang terbagi menjadi 2 kantong, yakni 1 kantong untuk sampah organik dan 1 kantong untuk non organik. Kegiatan gowes finis di Bank Sampah Sehat Mandiri RW 07 Kersanagara.

Selain memungut sampah, Puskesmas Kersanagara juga memghimbau menggunakan pengeras suara dari mobil ambulan, agar warga RW 07 selalu menjaga kebersihan lingkungannya, menjaga prokes dan segera melaksanakan vaksinasi.

Camat Cibeureum Rahman mengatakan, kegiatan ini merupakan ihktiar dalam rangkaian World CleanUp Day. Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan bisa menjadi memonteum Kota Tasikmalaya kembali menjadi kota resik.

"Alhamdullilah kita bersama stakeholder yang ada di Kecaraman Cibeureum, mengadakan semacam ihktiar dalam rangka World CleanUp Day yang jatuh pada tanggal 19 september kemarin, pusatnya kegiatannya digelar di Ciherang, dan hari ini merupakan rangaiannya. Semoga ini bisa jadi momentum khusunya Kecamatan Cibeureum, Umumnya Kota Tasikmalaya bisa kembali seperti dulu menjadi kota resik," ucap Rahmat.

Semetara Kepala Puskesmas Kersanagara M. Ginanjar, S.Kep.Ners menyampaikan, pihaknya terus mensuport kegiatan World CleanUp Day dan mengajak kepada Muspika dan warga agar senantiasa peduli terhadap kebersihan lingkungan yang telah diperjuangkan para pemimpin daerah terdahulu.

"Alahmdullilah dari sejak tanggal 19 September pada hari World CleanUp Day kami pihak Puskesmas terus mensuport dan mengajak kepada para Muspika dan warga untuk senantiasa penduli pada kebersihan. Kami mengikuti arahan dari pemda agar bisa mengembalikan jati diri Kota Tasikmalaya sebagai Kota Resik segabaimana yang telah diperjuangakan oleh para kepala daerah terdahulu," jelasnya.

Baca juga: Forum Peduli Cihideung Gelar Jumsih