Manfaatkan Lahan Kosong, KWT Hijau Muda Garap Perkebunan Sayur

Manfaatkan Lahan Kosong, KWT Hijau Muda Garap Perkebunan Sayur

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Sejak dibentuk tahun 2015, Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Muda di Kelurahan Awipari, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya masih tetap produktif dengan memanfaatkan lahan PJKA seluas 100 bata.

KWT ini menanam sayuran hingga 25 jenis macam tanaman seperti bayam, kangkung, terong, bawang daun, tomat dan cabai. Selain sayuran, kelompok ini juga memproduksi kerupuk tulang dan abon yang diproduksi bersama-sama.

Saat ini, KWT Hijau Muda terus memanfaatkan setiap lahan kosong PJKA yang sudah mengantongi izin guna dimanfaatkan menjadi lahan sayur mayur, hasilnya pun bisa untuk keperluan kelompok itu sendiri. Sekarang ini KWT Hijau Muda beranggotakan 30 orang.

Ketua KWT Hijau Muda, Lilis Yulia mengatakan, sejak tahun ini pihaknya mencoba menekuni cocok tanam, dan menurutnya kegiatan itu sangat bermanfaat bagi kelompok, meski hasilnya belum maksimal, tapi kelompoknya sudah bisa mengasilkan pundi-pundi.

Selain itu, tambah Lilis, sayurnya bisa dijual ke tetangga dan membawanya ke pasar sehingga bisa menambah penghasilan.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Cibereum sekaligus Plt Lurah Awipari, H. Agus Jamaludin menjelaskan, dari kemarin ada tiga KWT yang dilombakan dan KWT Awipari masuk sebagai salah satu nominasi. Pihaknya pun sangat mengapresiasi terhadap kelompok yang sudah lama berdiri.

"Dan di tahun 2021 kita genjot kembali dengan adanya lahan tidur yang tadinya banyak ilalang, sekarang jadi lahan perkebunan. Dengan adanya izin dari pihak PJKA untuk memanfaatkan lahan yang bisa dikelola oleh kelompok tani wanita ini," ucapnya.

Agus menyebut, bukan hanya di lahan PJKA saja melainkan juga menaman di pekarangan rumah masing-masing dengan mengunakan polibag, dan hasilnya bisa bermanfaat untuk kelompok.

Ia berharap ke depa kelompok ini bisa berkembang dan terus memproduktif agar bisa sejahtera.