Lestarikan Budaya Sunda, Istri Pasundan Gelar Pasanggiri

Lestarikan Budaya Sunda, Istri Pasundan Gelar Pasanggiri

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Guna melestarikan budaya kesundaan, dan jelang peringatan Hari Ibu ke 93, serta Hari Dewi Sartika ke 137, Pengurus Pasundan Istri Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan Pasanggiri Biantara Basa Sunda tingkat Taman Kanak-kanak se-Kota Tasikmalaya. Hal itu seperti dikatakan Panitia Pelaksana, Lina Farida, Senin 22 November 2021.

Ia menyebut, kegiatan ini memang baru pertama kali digelar, namun ke depannya InsyaAllah akan dijadikan agenda rutin setiap tahun.

"Alhamdulillah meski baru pertama kali diadakan, tingkat antusias peserta yang mengikuti kegiatan ini lumayan banyak, ada 56 peserta," ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya Sunda, dengan tema "Melalui Peringatan Hari Ibu ke 93 dan Hari Dewi Sartika ke 137, Kita Lestarikan dan Kembangkan Budaya Sunda”.

Selain kegiatan ini, lanjut ia, sebelumnya pada 26 Oktober lalu menggelar kegiatan Pasanggiri Pinton Anggon Kabaya Sunda Sinjang Batik Tasikkan, sebanyak 54 peserta usia 25 tahun ke atas turut dalam kegiatan tersebut.

Usai kegiatan ini, pihaknya pun berencana akan mengadakan lomba Pupuh untuk siswa SD se-Kota Tasik. Jika tidak ada perubahan, rencananya digelar pada 14 Desember 2021.

Dirinya berharap melalui kegiatan tersebut budaya Sunda dapat dicintai oleh generasi muda khususnya dan orang sunda pada umumnya.