KKN Mahasiwa STHG Tasik Tingkatkan Kesadaran Hukum Warga Cibeber

Untuk langkah awal, mahasiswa/i tersebut melakukan pengenalan dan sosialisasi kepada pihak desa dan masyarakat setempat agar bisa saling bersinergi antar warga masyarakat maupun pihak lainnya.  

KKN Mahasiwa STHG Tasik Tingkatkan Kesadaran Hukum Warga Cibeber

KAB, TASIK, INILAHTASIK.COM | Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa/i jurusan ilmu Hukum Tasikmalaya Kelompok II melakukan kegiatan di Desa Cibeber, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya dengan mengusung tema (efektivitas pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kesadaran hukum), Sabtu 06 Agustus 2022. 

Untuk langkah awal, mahasiswa/i tersebut melakukan pengenalan dan sosialisasi kepada pihak desa dan masyarakat setempat agar KKN di Desa Cibeber tersebut saling bersinergi antar warga masyarakat maupun pihak lainnya.  

Ketua Kelompok II M. Rizal menjelaskan, untuk kelompok II ini ada sekitar 17 orang anggota, dengan membawa tema (efektivitas pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kesadaran hukum) kita mengusung tema tersebut terutama dalam Tridarma Perguruan Tinggi No. 03 tentang pengabdian kepada masyarakat.  

“Nantinya dengan tema ini bisa menjadi sebuah solusi di masyarakat, tentang apa yang selam ini menjadi kendala di masyarakat, selain itu juga, apa yang didapatkan di kampus, untuk bisa kita melakukan bmensosialisasikan dan mengaplikasikan kepada masyarakat," ucap Rizal. 

"Salah satunya terkait bank emok yang saat ini menjadi tumpuan utama masyarakat, untuk itu dengan adanya kami KKN di desa ini, maka kami akan mensosialisasikan tentang baik atau buruknya bank emok, maupun kasus-kasus yang ada di desa ini,” lanjut Rizal. 

Adapun banyaknya laporan dari masyarakat terkait persoalan bank emok, pihaknya akan menyosialisasikannya kepada warga agar mengetahui yang sudah berbadan hukum maupun belum sehingga tidak salah sasaran dan yang sudah terdaftar di BI maupun dari OJK.  

Sementara itu, Kepala Desa Cibeber, Aming Ahmad Gumilar. S.IP., sangat mengapresiasi kegiatan KKN di desanya itu. Ia berharap dengan kehadiran mahasiwa/i bisa membawa perubahan dan dirasakan oleh warganya

"Saya selaku Kepala Desa Cibeber mengharapkan adanya teman-teman KKN dari mahasiswa/I STHG Tasikmalaya ini, minimal bisa mengenalkan kembali pendidikan hukum yang dapat mengedukasikan kepada masyarakat luas, khususnya di Desa Cibeber Kecamatan Manonjaya,” tandasnya.