Ketahuilah Keutamaan Shalat Tarawih di Malam Pertama

Shalat tarawih dilakukan pada malam hari, dan itu sebagai pertanda umat muslim pada esok harinya akan melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan.

Ketahuilah Keutamaan Shalat Tarawih di Malam Pertama

INILAHTASIK.COM | Shalat tarawih pada malam pertama bulan Ramadhan punya beberapa keutamaan atau fadhilahnya sebagai berikut:

  1. Diampuni dosa

Shalat tarawih yang dilaksanakan pada malam pertama dan malam lainnya akan menghapuskan dosa seseorang baik yang dilakukan masa kini maupun telah lalu.

  1. . Dimantapkan hati

Shalat tarawih pada malam pertama sangat dianjurkan untuk dilaksanakan karena pada malam pertama kita akan menetapkan hati sebelum memasuki bulan Ramadhan, dan sudah mantap untuk melaksanakan segala ibadah serta menyiapkan jasmani dan rohani.

  1. Penanda awal Ramadhan

Shalat tarawih pada malam pertama sebagai pertanda bahwa umat muslim pada esok harinya akan mulai melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan. Itu, secara tidak langsung merupakan pemberitahuan kepada setiap umat muslim jika ada di antara mereka yang belum mengetahui kapan dimulainya puasa Ramadhan.

  1. Dikabulkan doa

Bulan ramadhan merupakan waktu tepat untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah shalat malam termasuk setelah shalat tarawih pada malam pertama memiliki kesempatan yang besar akan dikabulkan oleh Allah SWT.

  1. Sarana mendekatkan diri pada Allah SWT

Shalat tarawih sebagaimana shalat malam lainnya dan dikerjakan pada malam pertama hingga berakhirnya bulan ramadhan adalah salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setiap ibadah yang dilaksanakan pada bulan ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jika ibadah yang kecil saja mendapatkan pahala maka ibadah yang rutin dilaksanakan seperti shalat tarawih akan mendatangkan pahala yang besar bagi pelakunya.

Pahala shalat tarawih  malam pertama amatlah besar sebagaimana yang disebutkan dalam hadits bahwa pahala shalat tarawih yang dilaksanakan dengan ikhlas sama dengan pahala shalat semalam penuh.