Kabag Kesra Bantah Pj Wali Kota Tasikmalaya Naik Haji Gunakan Kuota TPHD

Jun 8, 2024 - 12:47
Kabag Kesra Bantah Pj Wali Kota Tasikmalaya Naik Haji Gunakan Kuota TPHD
H Asep Dudi, Kabag Kesra Setda Kota Tasikmalaya

INILAHTASIK.COM | Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Setda Kota Tasikmalaya, H Asep Dudi membantah ihwal kabar keberangkat Pj Wali Kota beserta istri ke tanah suci yang mengambil jatah Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) tahun 2024.

Hal itu disampaikan Asep Dudi, melalui pesan WhatsApp, kepada wartawan, Sabtu 8 Juni 2024.

Ia menegaskan, bahwa Pj wali kota beserta istri tidak mengembat kuota TPHD kyai/ulama Kota Tasikmalaya, seperti ramai diberitakan.

Asep Dudi menyebut, untuk tahun 2024 Pemkot Tasikmalaya, tidak mengalokasikan anggaran TPHD, sehingga untuk musim haji 2024, pemkot tidak mengadakan seleksi atau menunjuk anggota TPHD.

"Jadi pak Pj wali kota dan ibu, melaksanakan ibadah haji dengan biaya mandiri, tidak dibiayi APBD," tegas Asep Dudi.

Sebelumnya diberitakan, Kiayi Muda Kota Tasikmalaya, Ustad Heri Heriyanto menyoroti keberangkat Pj wali kota beserta istri ke tanah suci menggunakan kuota TPHD tahun 2024.

Ia menyebut, para kiyai dan ulama Kota Tasikmalaya sudah tahu, bahwa tiap tahun ada kuota TPHD dari Pemkot. Dan tiap tahun ada seleksi bagi kiayi ajengan yang akan jadi tim pemandu haji daerah.

Namun, kata Ustad Heri, kuota TPHD tahun ini, tidak lagi diserahkan kepada kiayi dan ulama, tapi kuota tersebut malah digunakan oleh Pj wali kota beserta istri untuk pergi haji.

"Secara aturan, mungkin hal itu dibolehkan. Namun secara substansi ibadah haji, selayaknya diserahkan kepada ahlinya, yakni kiayi dan ulama. Karena masih banyak kiayi dan ulama di Kota Tasikmalaya yang belum menunaikan ibadah haji," tuturnya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow