Jelang Idul Adha, Komisi II DPRD Kota Tasik Cek Lapak Penjual Sapi

ini merupakan tindaklanjut hasil rapat kerja bersama dengan pihak DKPPP berkenaan dengan penanganan PMK di Kota Tasik.

Jelang Idul Adha, Komisi II DPRD Kota Tasik Cek Lapak Penjual Sapi

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Ketua Komisi II H Andi Warsandi melakukan pengecekan langsung ke sejumlah lapak penjual sapi kurban bersama Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Tasikmaalaya, Kamis 23 Juni 2022. 

Ia mengatakan bahwa ini merupakan tindaklanjut hasil rapat kerja bersama dengan pihak DKPPP berkenaan dengan penanganan PMK di Kota Tasik.

"Hari ini kita turun langsung ke lapangan, ke sejumlah lapak yang bisa menjual sapi khusus untuk kurban. Kita ingin memastikan informasi yang kami peroleh dari pihak dinas, diselaraskan dengan kondisi di lapangan," jelasnya.

"Tadi kita lihat bersama, secara umum sapi yang dijajakan para pelapak dalam kondisi sehat. Bisa jadi ini karena sosialisasi secara masif yang dilakukan oleh pihak dinas, sehingga para pelapak paham terkait dengan PMK," tambahnya.

Andi menegaskan, pihak dinas harus bisa memastikan sapi yang didatangkan dari luar daerah dilengkapi surat keterangan sehat. Kemudian, meski saat ini sapi-sapi tersebut terlihat sehat, namun sebelum nanti sapi itu dikirim ke masyarakat, supaya dipastikan lagi bahwa sapi tersebut benar-benar sehat, dengan diberi label sehat. 

Pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi daging sapi, sekalipun sapi tersebut terjangkit PMK, karena dagingnya dipastikan tetap aman untuk di konsumsi dengan catatan di masak terlebih dahulu dengan baik.

"Masyarakat jangan khawatir kalo makan daging sapi, meskipun PMK tapi dagingnya dipastikan aman dan yang penting harus di masak dulu," pungkasnya.