Jejak Situs Keramat di Panglayungan Kota Tasikmalaya

Jejak Situs Keramat di Panglayungan Kota Tasikmalaya

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Sebuah situs sejarah di Kota Tasikmalaya kembali terungkap. Berada di sekitar Komplek Perumahan Bumi Resik Panglayungan (BRP), Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes.

Warga sekitar menyebutnya sebagai Makam Keramat Gunung Dukuh. Sedikitnya ada empat tokoh yang dikenal masyarakat di lokasi tersebut, diantaranya Eyang Paminda, Eyang Dalem Wijaya Kusumah, Eyang Sakerta dan Sakerti.

Berdasarkan penuturan salah satu warga, Didi Mahdi mengisahkan, sejak ia masih kecil, situs tersebut kerap dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah di Jawa Barat, bahkan ada yang dari Surabaya. Untuk peziarah asal Tasik, bagi mereka yang tahu lokasi ini pasti akan datang berziarah.

Berkenaan dengan sejarah seperti dan bagaimana kisah perjalanan hidup para tokoh yang ada di sini, warga tidak banyak yang mengetahuinya. Dulu ada sesepuh yang katanya tahu tentang sejarah tokoh di makam keramat ini, hanya sekarang sudah meninggal dunia, dan tidak ada yang melanjutkan.

Melihat banyaknya orang datang ziarah ke lokasi ini, warga berkesimpulan bahwa tokoh yang ada adalah orang Soleh, dan memiliki banyak keistimewaan pada saat masih hidup. (Pid)