Ibu BELLA Ponpes Suryalaya Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Total donasi sejumlah 482 amplop dibagikan kepada 400 Kepala Keluarga, 12 Koordinator, 5 Dapur Umum, 64 relawan dan 1 tim Trauma Healing.

Ibu BELLA Ponpes Suryalaya Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Mewakili Keluarga Besar Ibu BELLA Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, Jawa Barat, Divisi Sosial Ibu BELLA Pusat Terjun ke lokasi bencana menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ketua Divisi Sosial Ibu BELLA Pusat, Dra. Hj. Hera Noor Anom didampingi dua orang anggotanya, Yanti Hidayanti, S.Ag. dan Nunung Nurjanah, bertolak ke lokasi pada Selasa (28/12) dari Stasiun Tasikmalaya menuju Stasiun Malang, dan tiba sekira pukul 06.00 WIB.

Kedatangannya disambut oleh Pengurus Yayasan Serba Bakti (YSB) Pondok Pesantren Suryalaya Perwakilan Malang.

Hera, selaku Penanggungjawab program galang donasi telah menghimpun total donasi sejumlah Rp. 82.790.000,00, yang merupakan titipan dari keluarga besar Ibu BELLA Pusat (IBP), Ibu BELLA Perwakilan Jakarta, Cianjur, Sukabumi Raya, Yogyakarta, Jawa Tengah, Kabupaten Karawang, Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung  Barat, Kabupaten Bandung Timur, Desa Tanjungkerta, Kampung Bojongbenteng, LDTQN Perwakilan Bekasi dan Ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya yang berada di Australia.

Pelaksanaan penyaluran bantuan berlangsung iga hari dari Selasa (28/12) hingga Kamis (30/12), dengan didampingi oleh tim YSB Malang dan relawan Gus Lathif dari Lumajang.

Hera menambahkan bahwa sebaran bantuan disampaikan secara langsung kepada penerima manfaat yang tersebar di beberapa Posko, yakni Pos 1 di Kecamatan Ranuyoso, Pos 2 di Kecamatan Sumbersuko, Pos 3 di Kecamatan Kunir, Pos 4 di Desa Tempeh, Pos 5 di Desa Jarit, Pos 6 di SMP Candipuro, Pos 7 di Kampung Renteng, Pos 8 di Desa Curahkobokan,  Umbulan dan Kajarkuning.

Ia menyebut, total donasi sejumlah 482 amplop dibagikan kepada 400 Kepala Keluarga, 12 Koordinator, 5 Dapur Umum, 64 relawan dan 1 tim Trauma Healing.

Kemudian, saat diwawancara, salah satu warga terdampak erupsi Gunung Semeru menyaksikan secara langsung dampak berat yang dialami oleh sebagian warga,

“Perumahan warga ditutupi debu tebal, baik di dalam maupun di area halaman, bahkan yang terlihat hanya atap luar rumahnya saja, fasilitas otomatis lumpuh dan warga sementara ini masih menunggu relokasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Nunung Nurjanah, menerangkan saat melaksanakan tinjauan bersama ke beberapa titik, salah satunya Dapur Umum, kondisinya sangat memprihatinkan. Namun, ia bersyukur dan mengaku salut karena banyak tim tanggap darurat bencana yang terus menerus bergerak guna mengatasi situasi ini bersama, ujarnya.

Pesan terpisah disampaikan Hj. Yoyoh Sofiah selaku Ketua Dewan Pembina Ibu BELLA Pusat, yang akrab di sapa Umi,.

Ia mendoakan agar seluruh masyarakat yang terdampak bencana tersebut diberikan kesabaran dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menurutnya, setiap ujian mengandung hikmah, maka sikapi dan cerna dengan pemikiran dan perasaan yang positif.

Ketua Umum Ibu BELLA Pusat, Hj. Otin Siti Khodijah, yang di sapa Mamah Otin juga menyampaikan pesan bahwa atas segala peristiwa yang terjadi harus senantiasa bertafakur, bertasyakur dan bertadzakur.

“Mamah berterima kasih kepada seluruh keluarga besar Ibu BELLA, ikhwan dan akhwat TQN Pondok Pesantren Suryalaya yang selalu solid, kompak, bergerak cepat dalam membantu sesame. Ini tentang kemanusiaan, bantu sesama tanpa memilih dan membeda-beda,” tegasnya.

Dikatannya, kegiatan tersebut juga menjadi salah satu poin dalam program kerja, misi serta visi Ibu BELLA Pondok Pesantren Suryalaya.

Ia pun berterima kasik kepada stakeholder sekaligus berharap bantuan yang diberikan dapat membuahkan manfaat serta membantu pergerakannya sehingga amanah yang dibawanya tersampaikan kepada penerima manfaat tanpa terkendala.