Hari Jadi ke-389 Kabupaten Tasikmalaya Usung Tema “Tasik Walagri Bagja Waluya”

Hari Jadi ke-389 Kabupaten Tasikmalaya  Usung Tema “Tasik Walagri Bagja Waluya”

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tasikmalaya kembali memperingati hari jadinya pada tahun 2021.  Di usia yang  ke-389 ini, Kabupaten Tasikmalaya mengambil tema “Tasik Walagri Bagja Waluya", tema tersebut mengandung arti  cageur/sehat, penuh dengan semangat beserta harapan untuk senantiasa panjang umur.

Rangkaian acara yang disiapkan Pemda Kab. Tasikmalaya dimulai dengan  Upacara Peringatan Hari Jadi Kab. Tasikmalaya ke-389 yang dilaksanakan di Halaman Sekretariat Daerah, Senin 26 Juli 2021. dan Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto bertindak selaku Inspektur Upacara.

Upacara diikuti secara luar jaringan (luring) oleh Wakil Bupati Tasikmalaya H. Cecep Nurul Yakin, Ketua dan Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya, Forkopimda Kab. Tasikmalaya, Ketua TP PKK DWP dan GOW Kab. Tasikmalaya, serta perwakilan SKPD di lingkungan Pemda Kab. Tasikmalaya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Upacara ini juga diikuti secara dalam jaringan (daring) melalui video conference oleh perangkat kecamatan, perangkat desa, dan masyarakat umum.

Menurut Bupati Ade, kegiatan ini harus dijadikan sebagai tasyakur binikmat atas nikmat sehat lahir maupun batin yang Allah berikan. Nikmat bisa bersama-sama, nikmat aman, nikmat Islam, serta nikmat sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

“Mari kita jadikan keikhlasan kita mengikuti kegiatan ini semata-mata untuk mendapat ridho Allah SWT agar menjadi ladang jadi ibadah. Jangan sampai kita menjadi manusia yang kufur nikmat,” ungkapnya.

Bupati mengungkapkan, upacara ini sebagai wujud penghormatan dan ucapan terima kasih kepada para pejuang, para leluhur, para sesepuh dan mereka yang telah mendahului kita. Ade mengutip kalimat awal pada naskah Amanat Galunggung yang berbunyi “Hana Nguni Hana Mangke, Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke”.

 “Ungkapan tersebut menggambarkan apabila tidak ada masa lalu maka tidak ada masa sekarang. Tidak mungkin ada kita disini tanpa mereka yang berjuang. Untuk menyampaikan hormat dan penghargaan terima kasih. Peradaban di suatu zaman merupakan rangkaian dan pengembangan dari zaman sebelumnya,” ujar Bupati dihadapan peserta upacara.*