Facebook Siapkan Fitur Enkripsi End-to-End di Messenger

Facebook Siapkan Fitur Enkripsi End-to-End di Messenger

INILAHTASIK.COM | Sebelumnya Facebook pernah mengalami masalah privasi yang membuat namanya tercoreng. Tapi kini mereka terus memperbaiki isu privasi di platform mereka, salah satunya dengan menambah fitur end-to-end encryption untuk panggilan audio dan video di Facebook Messenger.

Untuk Kamu yang belum akrab dengan encryption end-to-end, pejelasannya adalah ketika pesan dikirim dan mencapai penerima yang dituju, pesan itu sudah dilindungi, sehingga jika misalnya disadap tidak akan bisa dengan mudah diketahui isi pesannya begitu saja.

“Kami akan mulai menguji enkripsi end-to-end untuk obrolan grup, termasuk panggilan suara dan video, untuk teman dan keluarga yang sudah memiliki obrolan atau sudah terhubung. Kami juga akan memulai pengujian agar kontrol pengiriman Anda berfungsi dengan obrolan terenkripsi end-to-end Anda,” tulis Facebook.

“Dengan begitu, Anda dapat mencegah interaksi yang tidak diinginkan dengan memutuskan siapa yang dapat mencapai daftar obrolan Anda, siapa yang masuk ke folder permintaan Anda, dan siapa yang tidak dapat mengirimi Anda pesan sama sekali,” sambung Facebook.

Namun yang menarik di awal tahun ini, Facebook mengumumkan bahwa enkripsi end-to-end untuk pesan yang dikirim di Messenger mungkin tidak akan tiba hingga tahun 2022.

Agak sedikit aneh memang jika mereka berhasil mengaktifkannya untuk video dan audio tetapi tidak untuk pesan. Namun, sebelumnya Facebook memang memperkenalkan secret conversation dan vanish mode beberapa waktu lalu yang menawarkan fungsi serupa.**

Baca juga: Realme Book Akan Mengemas CPU Core i5 dan Layar 2K