DPRD Jabar Dorong Optimalisasi BumDes

Banyak bidang usaha yang dijalankan dan terkelola dengan baik. Sehingga menciptakan perekonomian bagi masyarakatnya. 

DPRD Jabar Dorong Optimalisasi BumDes
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Almaida Rosa Putra

KAB. BEKASI, INILAHTASIK.COM | Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mendorong Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Jabar dapat mengembangkan peluang usahanya diberbagai sektor.

Terutama untuk BUMDes pada sektor strategis yang dapat meningkatkan perekonomian berbasis kemasyarakatan. Hal itu dikatakan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Almaida Rosa Putra.

Menurutnya, terkait dengan bumdes, pihaknya mendorong agar Bumdes di Jabar dapat mencontoh Bumdes Gatot Kaca X, Desa Karang Raharja, Kabupaten Bekasi.

Banyak bidang usaha yang dijalankan dan terkelola dengan baik. Sehingga menciptakan perekonomian bagi masyarakatnya. 

“Saya harap BUMDes yang berada di Jabar bisa mengikuti BUMDes Gatot Kaca di Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara ini, mudah-mudahan bumdes yang lain bisa mencontoh ke BUMDes di sini," ucapnya. 

"Karena dari data yang tadi disebutkan baru ada 300 BUMDes yang terkelola dengan baik, sisnya masih belum maksimal dalam pengelolaannya,” ujar Putra di Desa Karang Raharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu 01 Agustus 2021.

Terjalinnya koordinasi antara Kepala Desa Karang Raharja dengan Forum BUMDes Kabupaten Bekasi, menjadikan BUMDes tersebut dapat mewujudkan beberapa bidang usaha yang bernilai ekonomi tinggi.

Misalnya pengelolaan bank sampah dan pembudidayaan ikan patin yang sudah berjalan. 

“Bergeraknya bank sampah tersebut sebagai salah satu bidang usaha yang dijalankan oleh beberapa pihak, seperti ibu ibu PKK, pengrajin UKM dan lainnya,menjadi contoh nyata yang dapat menghasilkan secara ekonomi,” katanya. 

Sehingga, lanjut Putra, tidak menutup kemungkinan BumDes lainnya di Jabar dapat juga melakukan hal serup agar taraf perekonomian masyarakatnya meningkat atau sejahtera. 

“Mudah mudahan dengan adanya peninjauan di BumDes ini dapat memotivasi desa lainnya di Jabar dapat memberikan solusi agar tercipta peluang usaha ke depan yang lebih baik,” tutupnya.