Curah Hujan Tinggi, Tebing Setinggi 15 Meter Longsor Di Desa Datar

Di sekitar tebing tidak ada saluran drainase dan pembuangan air dari genteng rumah warga yang langsung jatuh ke tebing

Curah Hujan Tinggi, Tebing Setinggi 15 Meter Longsor Di Desa Datar

CILACAP, INILAHTASIK.COM | Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Dayeuhluhur dengan intensitas tinggi menjadi pemicu terjadinya tanah longsor di Dusun Cikondang, RT 01/RW 01 Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Senin 27 Juni 2022.

Ada juga faktor lain seperti, di sekitar tebing tidak ada saluran drainase dan pembuangan air dari genteng rumah warga yang langsung jatuh ke tebing, sehingga tanah di area tersebut rawan terjadinya longsor.

Menurut warga sekitar, kronologis kejadian tersebut terjadi hujan pada hari Senin 27 Juni 2022 berawal dari hujan deras hingga sedang dari pukul 11.00 s.d 22.00 WIB. Akibatnya tebing setinggi 15 meter di belakang rumah longsor dan hampir mengenai tembok rumah, sedangkan untuk longsor terjadi pada senin malam sekitar pukul 21.00 WIB.

"Bahwa untuk longsor kali ini merupakan kejadian yang ke 3 kalinya dimana pada tahun sebelumnya juga pernah terjadi longsor pada tahun 2019 dan tahun 2021," ujar warga tersebut.

Sejauh ini, pihak Desa, BPBD telah melakukan cek lokasi dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat dalam penanganan darurat guna meminimalisir terjadinya longsor susulan.

Darsah Kepala Desa Datar mengatakan Pihaknya sudah melakukan koordinasi dan mengajukan usulan bantuan supaya ada penanganan lebih lanjut dari dinas terkait.  

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat Desa Datar untuk tetap waspada dan tetap berhati-hati dikarenakan masih berpotensi cuaca ekstrim," ucap Darsah.

Sebagai bentuk kebersamaan, Pemerintah Desa setempat bersama warga telah melaksanakan kerja bhakti di lokasi longsoran dengan membersihkan material longsoran agar tidak menutup akses ke rumah warga.(DANI)