Cara Mengatasi Gatal-Gatal di Seluruh Tubuh

Gatal-gatal atau pruritus dapat menyerang bagian tubuh tertentu maupun seluruh tubuh.

Cara Mengatasi Gatal-Gatal di Seluruh Tubuh
Net

INILAHTASIK.COM | Gatal-gatal di tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gigitan serangga, alergi, hingga penyakit tertentu, seperti diabetes. Untuk mengatasinya bisa menggunakan obat gatal-gatal seluruh badan. Namun, penggunaan obat perlu disesuaikan dengan penyebab gatalnya.

Gatal-gatal atau pruritus dapat menyerang bagian tubuh tertentu maupun seluruh tubuh. Gatal-gatal terkadang juga bisa muncul beserta gejala lain, seperti ruam kulit, bentol-bentol, serta kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah.

Berikut beberapa hal untuk mengatasi Gatal-Gatal

Selain penggunaan obat gatal seluruh badan, Anda juga bisa meredakan gatal-gatal di rumah dengan beberapa cara berikut ini:

  • Tidak menggaruk area yang gatal, karena dapat menyebabkan luka dan infeksi, serta menghambat proses penyembuhan pada kulit
  • Menggunakan pelembap untuk mencegah kulit kering
  • Menghindari kebiasaan mandi terlalu lama (tidak lebih dari 5 menit) atau mandi air panas
  • Menghindari pemicu gatal bila Anda telah mengetahui apa yang menyebabkan gatal, misalnya sabun, deterjen, parfum, stres, atau suhu panas
  • Memberikan kompres dingin pada area yang terasa gatal

Gatal yang ringan biasanya bisa mereda sendiri tanpa diobati. Anda perlu berkonsultasi ke dokter kulit jika gatal-gatal terasa sangat parah dan mengganggu aktivitas, berlangsung hingga lebih dari 2 minggu, serta tidak membaik dengan perawatan di rumah.

Sebelum meresepkan obat, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan penyebab gatal-gatal yang Anda rasakan. Setelah penyebabnya diketahui, dokter baru dapat meresepkan obat gatal-gatal seluruh badan yang sesuai.