Bupati Tasik Resmikan Kios Pedagang Pasar Ciawi Pasca Kebakaran

Bupati Tasik Resmikan Kios Pedagang Pasar Ciawi Pasca Kebakaran

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto meresmikan 34 kios milik pedagang di Pasar Ciawi, Jumat 19 November 2021. Sebelumnya puluhan kios milik pedagang di Pasar Ciawi alami kebakaran beberapa waktu lalu.

Ade berpesan agar musibah kebakaran beberapa waktu lalu itu, dijadikan sebagai pengingat agar kita bisa lebih giat beribadah dan sebagai upaya saling tolong menolong antar sesama.

Ia menyebut saat musibah ini terjadi, pihaknya meminta agar seluruh unsur terkait segera menyelesaikan persoalan yang tengah dihadapi masyarakat, berkenaan prosedur dan proses administrasi bisa menyusul. Ini sebagai bentuk langkah cepat menolong warga atas musibah yang dihadapi.

Bupati mengatakan bahwa tahun 2023 atau 2024, pihaknya akan membangun pasar induk Kabupaten Tasikmalaya, yang berlokasi di ruas jalan Cisinga, dengan estimasi biaya sekitar Rp 120 Miliar.

Ade berencana mengubah sistem pengelolaan pasar. Ke depan, lapak di pasar tidak dijual ke masyarakat melainkan tetap milik pemerintah, sementara pedagang cukup membayar retribusi saja.

Bupati mengungkapkan, adaptasi digitalisasi pasar perlu digiatkan, agar pedangan melek teknologi, bagiamana aktivitas jual beli tidak hanya transaksi secara langsung, tapi juga dapat memanfaatkan teknologi.

“Selain itu, kedepan kita akan menerapkan teknologi pengelolaan sampah secara komprehensif. Untuk mengantisipasi kebakaran, nantinya akan ada pos damkar di Ciawi, Manonjaya, dan Karangnunggal. Hal itu, agar ketika terjadi kebakaran dapat segera tertangani,” pungkasnya.