BP2MI Beri Pemahaman Peluang Kerja ke Luar Negeri

BP2MI Beri Pemahaman Peluang Kerja ke Luar Negeri

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Unit Pelaksana Teknis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  menggelar kegiatan Sosialisasi Meraih Peluang Kerja ke Luar Negeri, di salah satu rumah makan, di Jalan Mashudi, Senin 11 Oktober 2021.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Tasikmalaya, Rahmat Mahmuda, SE, MM mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh BP2MI.

Ia berharap para peserta yang hadir dapat menyosialisasikan kembali yang didapat dari kegiatan tersebut kepada masyarakat luas.

Rahmat menyebut bahwa kegiatan sosialisasi sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri, sehingga merek mengerti, paham, dan tahu tentang cara atau prosedur jika ingin bekerja di luar negeri.

“Jangan sampai ada warga Kota Tasik yang bekerja ke luar negeri tanpa melalui prosedur yang telah ditetapkan. Hal itu akan menyulitkan kita dalam memberikan perlindungan. Kalau melalui prosedur yang tepat, mulai dari pendaftaran, pelatihan, pemberangkatan, penempatan sampai kepulangan itu menjadi tanggungjawab pemerintah," jelasnya.

Sementara, Kepala Sub Koordinator Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program UPT BP2MI Bandung, Tugiarto menerangkan, kegiatan sosialisasi guna memberikan pemahaman kepada masyarakat Kota Tasikmalaya, kalau ingin bekerja ke luar negeri agar mengikuti prosedur yang berlaku.

Menurutnya, selama ini banyak calon tenaga kerja ke luar negeri berangkat tanpa melalui prosedur yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, pihaknya menggelar kegiatan secara massif guna mengantisipasi hal-hal seperti itu.

“Bagi calon tenaga kerja ke luar negeri, prosedur yang harus ditempuh diantaranya, yang bersangkutan harus mendaftar di Dinas Kerja sesuai dengan domisili, nanti pihak dinas akan memberi arahan prosedur lainya yang harus dijalankan. Proses tidak sulit, asalkan mereka paham aturan prosedurnya,” pungkasnya.