Bencana Longsor Kepung Wilayah Selatan Kab. Tasikmalaya

Sedikitnya bencana terjadi di empat Kecamatan, yakni Salopa, Cibalong, Cikatomas dan Parungponteng.

Bencana Longsor Kepung Wilayah Selatan Kab. Tasikmalaya

KAB.TASIK, INILAHTASIK.COM | Sejumlah kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya kembali di landa bencana, pada Selasa 10 Agustus 2022. Sedikitnya bencana terjadi di empat Kecamatan, yakni Salopa, Cibalong, Cikatomas dan Parungponteng.

Ketua FK TAGANA Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya SPd menuturkan, bencana tanah longsor kembali terjadi di beberapa titik di wilayah selatan, diantaranya terjadi di Talegong Desa Mandalawangi Salopa. Akibatnya asrama putri salah satu ponpes terancam tertimpa tanah longsor.

"Bencana serupa juga terjadi di Kampung Karyamandala RT 01/RT 04 RW 04 Desa Karyamandala Salopa. Akibatnya Jalan penghubung antar kecamatan Salopa dan Cikatomas tertimbun material longsor namun masih bisa dilalui kendaraan, dan sejumlah kebun milik warga juga tertimbun material longsor. Selain itu, lima kepala keluarga terdampak bencana tersebut," ucapnya.

Tak hanya itu, kata Jembar, longsor juga terjadi di Sindanghurip RT 03 RW 09 Singajaya Kecamatan Cibalong, satu unit rumah warga alami rusak sedang, dinding bagian belakangnya tertimpa longsor.

"Titik lain bencana terjadi di Jl Cidahyu Mekartanjung Cayur Cikatomas. Akibatnya akses jalan tertutup total material longsor. Untuk sementara akses lalulintas kendaraan di alihkan melalui jalur alternatif," jelasnya.

Lalu di Kampung Citariris Cibojong Barumekar Parungponten. Beberapa rumah warga tertimpa material longsor,  sehingga alami rusak ringan dan sedang, serta menutup akses jalan penghubung antar desa. 

"Bencana longsor juga nyaris menelan korban. Satu unit kendaraan umum Elf terseret material longsor, beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, dan kendaraan sudah berhasil di evakuasi," paparnya.

Pihaknya dibantu sejumlah unsur, dan warga bergerak cepat membersihkan material longsoran. Adapun warga terdampak bencana di evakuasi ke tempat yang lebih aman.