Beberapa Hal Tentang Suarez

Beberapa Hal Tentang Suarez
Net

INILAHTASIK.COM | Luis Suarez, merupakan satu di antara pesepakbola asal Uruguay, yang sukses. Sejumlah gelar bergengsi pernah didapatkan pesepakbola berusia 34 tahun tersebut.

FC Groningen, menjadi klub Eropa pertama yang dibela Suarez. Setelah itu, ia berganti-ganti kesebelasan seperti Ajax Amsterdam, Liverpool, Barcelona, dan kini Atletico Madrid.

Bicara soal gelar di timnas Uruguay, Suarez pernah mengangkat trofi Copa America. Ia membawa negaranya menjadi juara ajang tersebut pada 2011, setelah mengalahkan Paraguay di laga final tiga gol tanpa balas.

Akan tetapi, ada sejumlah hal yang belum diketahui banyak orang tentang Suarez:

1. Berasal dari keluarga sepakbola

Suarez adalah anak keempat dari tujuh bersaudara dan beberapa saudara kandungnya juga pernah bermain sepakbola profesional di Uruguay serta di Amerika Latin. Di antaranya Paolo, Maximiliano dan Diego. ‘Hanya saja, ia sejauh ini menjadi yang paling sukses dari semua keluarganya. 

2. Mengikuti kekasih masa kecilnya sampai ke Barcelona

Suarez sudah mengenal istrinya Sofia sejak masih remaja. Keluarganya meninggalkan Uruguay ke Barcelona ketika mereka berdua masih muda, sehingga membuat kisah cinta mereka tertunda. Ia kemudian menyerah dan fokus pada kariernya, sambil berharap suatu hari nanti bakatnya bisa membawanya ke Eropa bahkan mungkin membela Barcelona.

Itulah yang terjadi, melalui Groningen, Ajax dan Liverpool. “Bermain dan tinggal di Spanyol, tempat keluarga istri saya tinggal, telah menjadi impian dan ambisi seumur hidup,” kata Suarez, setelah bergabung dengan Barcelona pada 2014. Suarez pindah ke Madrid bersama Atletico pada 2020, tetapi Barcelona tetap menjadi kota yang sangat istimewa bagi keluarganya.

3. Punya hubungan yang panjang dengan Edinson Cavani

Suarez dan Cavani berduet di lini depan Uruguay selama beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, jauh sebelum itu mereka sudah saling. Kedua striker tersebut berasal dari kota Salto, sebuah kota kecil berpenduduk sekitar 100.000, dan lahir hanya dalam jarak 21 hari pada tahun 1987. Mereka tumbuh hanya dalam jarak enam blok satu sama lain.

4. Pemenang sepatu emas Eropa dua kali

Semua orang tahu Suarez sebagai pencetak gol yang produktif, namun rekor sebenarnya sangat mengesankan sehingga ia memenangkan penghargaan sepatu emas Eropa, dua kali: 

Gelar sepatu emas Eropa pertama Suarez, didapatkan pada musim 2013/14 saat membela Liverpool. Kemudian ia kembali meraih gelar tersebut bersama Barcelona di musim 20015/16. Dia juga satu-satunya pemain yang bisa mematahkan dominasi Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang telah memenangkan penghargaan Pichichi untuk pencetak gol terbanyak di LaLiga dalam sedekade terakhir.

5. Cetak sepuluh hat-trick di LaLiga

Suarez adalah satu dari 2 pemain dalam sejarah yang mencapai angka ganda dalam hat-trick di LaLiga. Ia cuma butuh waktu tujuh tahun untuk mencetak hat-trick sepuluuh kali, 

Hat-trick pertama Suarez terjadi ketika Barcelona melawan Cordoba CF di 2014/15. Paling baru ia membuat tiga gol dalam kemenangan 5-1 Blaugrana atas Real Madrid pada Oktober 2018.