3 Modifikasi Motor NMax dengan Aksesoris Plug n’ Play

Pada prinsipnya Yamaha NMax sudah memiliki desain modern. Motor ini pertama kali meluncur pada tahun 2015 menjadi pesaing Honda PCX,

3 Modifikasi Motor NMax dengan Aksesoris Plug n’ Play

INILAHTASIK.COM | Sekarang ini semakin banyak aksesori yang beredar di pasaran membuat para pemilik tambah mudah melakukan modifikasi motor Yamaha NMax. Meski begitu bukan berarti bisa sembarangan pasang. Dalam dunia modifikasi harus ada konsep yang diusung agar tampilan motor enak dilihat.

Pada prinsipnya Yamaha NMax sudah memiliki desain modern. Motor ini pertama kali meluncur pada tahun 2015 menjadi pesaing Honda PCX. Berbeda dengan PCX yang mengedepankan sisi elegan. NMax lebih menekankan tampilan bergaya sporty.

Produk ini menggunakan setang dengan model tertutup. Maka dari itu tak salah jika Carmudian memilih tema sporty untuk melakukan modifikasi motor NMax kesayangan.

Modifikasi Motor NMax dengan Aksesori Plug n’ Play

Tampilan keren dan gagah jadi alasan bagi sebagian orang untuk memilih Yamaha NMax. Meski begitu tentu ada di antara pemilik yang belum puas akan wujud standar motor ini.

Dari situlah biasanya modifikasi motor NMax bermula. Buat Carmudian yang menyukai kepraktisan maka aksesori plug n’ play adalah jawaban. Bukan tanpa alasan. Penggunaan aksesori plug n’ play tergolong sangat mudah untuk diterapkan.

Pengguna pun tak perlu melakukan kustomisasi khusus pada sepeda motornya agar aksesori bisa dipasang. Dari segi hasil, jika dieksekusi dengan tepat dampaknya bisa membuat tampilan motor semakin ciamik.

Di era digital seperti saat ini aksesori modifikasi Yamaha NMax bisa didapat dengan mudah. Dari hasil penelusuran Carmudi, barangnya justru cukup mendominasi lapak aksesori di sejumlah situs web jual beli online. Adapun rekomendasi aksesorinya sebagai berikut:

Shockbreaker Belakang

Shockbreaker belakang bawaan pabriknya sudah dilengkapi dengan tabung. Tapi permasalahannya tidak ada pengaturan keras atau lembutnya.

Bagi mereka yang belum puas bisa melirik produk aftermarket.

Menariknya, Yamaha sendiri telah menyiapkan shockbreaker belakang aftermarket untuk motor ini. Datang dari brand yang sama dengan OEM (Original Equipment Manufacturer), yakni KYB.

Lebih tepatnya adalah KYB Ultimate Series dengan kode part 90798C017400. Shockbreaker ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp2,1 juta.

Diketahui karakternya menawarkan bantingan yang lebih empuk dan terdapat fitur pengaturan.

Windshield

Komponen berikutnya yang sering menjadi sasaran modifikasi motor NMax adalah windshield. Modifikasi pada bagian ini tergolong sangat ringan, namun bisa memberi dampak perubahan sangat jelas.

Seperti diketahui, Yamaha NMax dibekali windshield yang mengisi tampilan depannya. Pada model lama, bentuk windshield cukup sederhana bahkan cenderung terlihat datar. Beda halnya pada NMax model baru di mana windshield dibuat agak melengkung di ujung atasnya.

Namun keduanya punya kesamaan, yakni mengguna warna gelap. Sementara itu untuk dimensinya bisa dibilang tanggung. Modifikasi pada bagian ini dapat dilakukan mengacu pada konsep yang dikejar. Misalnya pengguna ingin kendaraannya terlihat lebih sporty maka bisa menggunakan windshield yang lebih kecil.

Di lain sisi pemilik bisa memilih windshield berukuran besar jika ingin membuat NMax kesayangan lebih siap touring.

Top Box dan Carrier

Yamaha NMax termasuk motor yang cocok untuk digunakan perjalanan jauh. Alasannya tak lain karena posisi berkendara yang rileks. Tapi belum sah rasanya jika motor touring tidak dilengkapi tempat penyimpanan yang memadai.

Untuk hal ini NMax memiliki kapasitas bagasi bawah jok yang cukup besar, mencapai 24 liter. Kapasitas tersebut sama saja untuk NMax model baru atau versi lama. Tapi kalau kapasitas tersebut belum cukup, Carmudian bisa menambahkan top box.

Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama Carmudian mesti memasang carrier atau bracket terlebih dahulu. Setelah itu barulah memilih top box yang akan digunakan.